5 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak, dan Lebih Nyaman

Label: ,

Setiap kali mau tidur, kita selalu berharap bisa bangun dalam keadaan tubuh lebih segar. Tapi kok, yang terjadi justru sebaliknya, ya? Tidur nggak nyaman, dan kepala malah sakit.

Duh, kalau begini ceritanya, bisa dipastikan ada yang salah dengan ritual tidur kita. Yuk, kita perbaiki. Supaya saat bangun, tubuh kita pulih maksimal.

berikut ini langkahnya…


 1. Bikin jadwal tidur

mulai sekarang biasakan untuk mengatur waktu tidur kita. Misalnya dengan pergi tidur di jam yang sama setiap malamnya. Tubuh jadi terbiasa dan punya alarm yang mengingatkan kapan kita harus tidur. Begitu juga dengan waktu bangunnya.

2. Ganti waktu tidur yang hilang

caranya, tambah waktu tidur kita di siang hari. Jangan menambah waktu tidur di malam hari dengan bangun lebih telat. Trik ini lebih baik soalnya tambahan waktu tidur tadi, nggak mengganggu ritme tidur yang sudah kita bikin di step pertama.

3. Minimalisir gangguan

begitu siap-siap naik ke tempat tidur, jangan lupa untuk mematikan peralatan elektronik seperti komputer dan televisi, ponsel mode diganti ke silent. Tambahkan dengan meredupkan lampu, dan meletakkan bantal pada posisinya. Intinya, bikin suasana kamar senyaman mungkin deh. Ini sama saja memberikan sinyal “saatnya istirahat” ke tubuh kita.

4. Relaksasi sebelum tidur

mudah, kok. Pertama, tarik napas panjang dan dalam. Setelah napas mulai teratur, coba bayangkan momen atau tempat yang kita sukai. Hmm, pikiran langsung terasa lega.

5. Kasih jarak waktu antara tidur dan makan malam

makan malam “berat” menjelang tidur ternyata nggak cuma bikin berat badan kita naik, tapi juga membuat tidur nggak tenang. Pasalnya, perut kita harus bekerja keras mencerna makanan yang baru saja masuk. Padahal, tubuh kita sudah siap-siap memasuki waktu istirahat. Jadi, berhenti makan berat sekitar dua jam sebelum waktu tidur kita, ya.


Thanks for KASKUS    

Comments (0)

Posting Komentar

Followers

Vindictus Mouse Pointer